Indeks Capaian Demokrasi Indonesia 2015 di Kategori Sedang

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Indeks Demokrasi Indonesia 2015 mencapai angka 72,82 dalam skala 0 sampai 100. Angka ini merupakan indeks komposit yang disusun dari nilai tiga aspek: kebebasan sipil, hak-hak politik, dan lembaga demokrasi. Capaian kinerja demokrasi Indonesia ini masih berada pada kategori sedang.

“Angka ini relatif tetap dibandingkan dengan angka IDI 2014 yang sebesar 73,04,” sebagaimana tertuang dalam berita resmi statistik di situs BPS (3/8).

Aspek kebebasan sipil meraih nilai 80,30. Aspek kebebasan sipil menghitung nilai empat variabel yaitu kebebasan berkumpul dan berserikat; kebebasan berpendapat; kebebasan berkeyakinan; dan kebebasan dari diskriminasi.

Aspek hak-hak politik meraih nilai 70,63. Aspek ini menilai dua variabel yaitu hak memilih dan dipilih serta partisipasi politik dalam pengambilan keputusan dan pengawasan pemerintah.

Sementara aspek institusi demokrasi meliputi penilaian pada lima variabel: pemilu yang bebas dan adil; peran DPRD; peran partai politik; peran birokrasi pemerintah daerah; serta peradilan yang independen. Aspek ini meraih nilai 66,87.

Penghitungan IDI menggunakan empat sumber data, yaitu review surat kabar lokal, review dokumen (perda, pergub, dll), focus group discussion (FGD), dan wawancara mendalam.

Sumber: http://www.rumahpemilu.org/in/read/11632/Indeks-Capaian-Demokrasi-Indonesia-2015-di-Kategori-Sedang

Komentar Via Facebook

Link Terkait

STATISTIK